Pertamina Berencana Dirikan Pabrik Baterai Kendaraan Listrik
Mobil listrik (dishub.acehprov.go.id)

Bagikan:

Perusahaan berpelat merah PT Pertamina (Persero) menargetkan akan jadi pemasok global baterai untuk kebutuhan kendaraan listrik. Untuk menunjang langkah tersebut, mereka akan mendirikan pabrik baterai agar mampu menjadi pemasok besar dalam industri tersebut.

CEO Subholding Power and New and Renewable Energy Pertamina Heru Setiawan menjelaskan, dalam proyek baterai kendaraan listrik, Pertamina akan banyak terlibat, mulai dari proses pembuatan prekursor, katoda, sel baterai, sampai battery pack.

"Kami akan memproduksi 140 GW (gigawatt) per hour, kami harapkan menjadi global supply chain. Karena memang potensi pasokannya sebesar 15 juta ton per tahun," tutur Heru dalam Webinar bertajuk 'EV Battery: Masa Depan Ekonomi Indonesia' di Jakarta, Selasa, 2 Februari.

Pertamina Telah Menyiapkan Pendanaan dan Menggandeng Mitra

Ia menambahkan, hasil produksi perusahaan BUMN tersebut akan digunakan untuk menyediakan pasokan bagi produsen mobil listrik di berbagai negara termasuk Amerika, Eropa dan Asia Pasifik.

Terkait investasi, Heru menjelaskan, Pertamina telah menyiapkan pendanaan, namun dirinya enggan membeberkan. Pertamina juga akan menggandeng mitra strategis dalam proyek baterai untuk kendaraan listrik tersebut.

"Kami akan berpartisipasi dengan tekonologi provider yang sudah mengusai teknologi sekaligus market-nya, teknologi transfer kerja sama ini sehingga mengembangkan kapabilitas internal," jelasnya.

Pertamina, kata Heru, memiliki kompetensi yang cocok untuk terlibat sejak proses dari hulu, intermediate, hingga hilir. Pasalnya, pihaknya memiliki bekal terkait dengan pertambangan, dan kimia.

Heru menjelaskan, sejak awal Pertamina juga sudah mempersiapkan transisi energi dengan menjaga seluruh aset yang ada untuk bisa tetap relevan dengan tren pada masa depan.

BACA JUGA:


"Sehingga kita bisa menjaga agar apapun investasi yang kemarin maupun yang hari ini akan relevan ke depannya," katanya.

Selain informasi terkait proyek Pertamina dan mobil listrik, dapatkan informasi dan berita dalam maupun luar negeri lainnya melalui VOI.id, Waktunya Merevolusi Pemberitaan!

另请阅读:


Terkait