Apa Itu Kursi Cool Seat dan Normal Seat di Pesawat? Bisa Dipesan saat Check In Online
Kursi pesawat (Freepik)

Bagikan:

YOGYAKARTA - Pilihan kursi pesawat merupakan salah satu hal penting saat menggunakan transportasi udara. Kondisi kursi akan memengaruhi kenyamanan selama di perjalanan. Beberapa maskapai penerbangan menyediakan dua kategori kursi, yaitu cool seat dan normal seat. Apa itu kursi cool seat dan normal seat?

Maskapai penerbangan kini telah menyediakan layanan check in online untuk memuaskan pelayanan bagi penumpangnya. Dengan menggunakan layanan check in online ini, penumpang bisa memilih kursi pesawat saat pembelian tiket atau sebelum melakukan keberangkatan. 

Apabila Anda ingin melakukan penerbangan dengan maskapai Lion Air (JT), Batik Air (ID), Wings Air (IW), dan Super Air Jet (IU), ada dua kategori kursi yang bisa Anda pesan dan pilih. Tersedia kategori kursi cool seat dan normal seat. 

Apa Itu Cool Seat dan Normal Seat?

Dalam layanan check in online sejumlah maskapai penerbangan di atas, tersedia seat assignment atau layanan tambahan kursi berbayar. Seat assignment ini bersifat sebagai layanan tambahan/opsional. Jadi penumpang tidak diwajibkan melakukan pemesanan kursi pada saat check ini di bandara maupun secara online.

Namun bagi Anda yang ingin mendapatkan tempat duduk favorit di pesawat, maka sebaiknya gunakan layanan seat assignment. Dalam seat assignment telah tersedia pilihan seat cool dan normal seat beserta harganya. 

Cool seat adalah kursi pesawat yang didesain dengan ruang kaki lebih luas dan strategis. Sementara normal seat adalah kursi yang berada di luar cool seat. Kursi kategori cool seat tentunya menjadi rebutan atau banyak diminati karena desainnya lebih mendukung kenyamanan penumpang dibandingkan saat duduk di kursi normal seat. Namun harga seat assignment untuk cool seat juga lebih mahal daripada normal seat. 

Posisi Cool Seat dan Assignment Seat

Penempatan cool seat dan assignment seat pada tiap maskapai penerbangan akan berbeda-beda. Cool seat di pesawat Lion Air dan Super Air Jet berada pada row 1-4 serta Emergency Exit Row. 

Sedangkan cool seat di pesawat Batik Air berada pada row 4-6 serta Emergency Exit Row. Sementara cool seat di pesawat Wings Air berada pada row 18-20 dan Emergency Exit Row. Untuk kursi normal seat berada pada row lain selain posisi cool seat semua airlines yang sudah disebutkan. 

Ketentuan Seat Assignment atau Layanan Pemesanan Kursi

Tiap maskapai penerbangan memberlakukan ketentuan dalam layanan seat assignment. Berikut ini ketentuan yang perlu Anda perhatikan untuk memilih kursi dalam layanan seat assignment maskapai Batik Air.

  • Pembelian dilakukan dengan sistem reservasi hingga 24 jam sebelum jadwal berangkat.
  • Pembelian bisa dilakukan melalui secara onsite (travel agen dan kantor perwakilan maskapai) dan online (website resmi maskapai).
  • Kursi yang sudah dibeli atau dipesan sesuai nama penumpan reservasi tidak bisa dipindahkan ke penumpang lainnya.
  • Penumpang bisa mengubah nomor kursi yang sudah dipesan dengan melakukan pembelian ulang.
  • Harga kursi sesuai dengan yang tercantum dalam layanan seat assignment.
  • Kursi yang sudah dibeli atau dipesan tidak bisa ditukarkan dan dikembalikan.
  • Harga kursi dapat berubah-ubah sewaktu-waktu sesuai kebijakan maskapai. 

Demikianlah ulasan apa itu cool seat dan normal seat dalam pesawat. Hadirnya layanan seat assignment dalam check in online memudahkan penumpang untuk mendapatkan tempat duduk favorit di dalam pesawat. 

Ikuti terus berita terkini dalam negeri dan luar negeri lainnya di VOI . Kamu menghadirkan terbaru dan terupdate nasional maupun internasional.