3 Manfaat Puasa di Tengah Pandemi untuk Kesehatan
Ilustrasi puasa (foto: dinkes.kedirikab.go.id)

Bagikan:

Hingga saat ini, pandemi COVID-19 masih mengancam masyarakat. Hal itu membuat berbagai kegiatan peribadatan berjalan tak seperti biasa, termasuk puasa di bulan Ramadhan. Di bulan tersebut umat Islam menunaikan puasa. Meski begitu, tahukah Anda bahwa puasa di tengah pandemi sangat mungkin dilakukan dan justru mendatangkan manfaat yang berkaitan dengan kesehatan?

Manfaat puasa di tengah pandemi yang harus diketahui

Banyak pendapat yang mengatakan bahwa masyarakat dapat memetik manfaat puasa meski di tengah pandemi COVID-19. Lalu apa saja manfaat yang bisa diambil? Berikut rangkuman manfaat puasa di tengah pandemi, dirangkum dari berbagai sumber.

Membuang racun

Dilansir dari Khaleej Times, Dr Ayoub Al Jawaldeh, Penasihat Gizi Regional WHO mengatakan bahwa puasa membantu orang membuang racun, mengurangi kadar gula darah, dan memecah timbunan lemak.

Meningkatkan kekebalan tubuh

Puasa di tengah pandemi Corona ternyata juga dapat meningkatkan imun tubuh dan meregenerasi sistem kekebalan.

"Puasa membantu regenerasi sel sistem kekebalan tubuh dan mengurangi kemungkinan terinfeksi virus dan penyakit kekebalan," kata Al Jawaldeh.

Menurunkan hipertensi

Hipertensi dapat dicegah dengan berpuasa. Saat puasa, tekanan darah akan normal dan terhindar dari aterosklerosis, penyakit yang muncul karena adanya plak di dinding arteri. Selain itu dengan puasa, kerja jantung bisa lebih ringan karena tak harus memompa darah kencang.

Itulah beberapa manfaat puasa di tengah pandemi. Untuk mendapatkan tips dan informasi kesehatan lain, dapatkan informasi dan berita nasional maupun internasional lainnya melalui VOI.id.